Selasa, 07 Juni 2011

Resep WHO : A to Z Untuk Mengurangi Dampak Negatif Perubahan Iklim

WHO memberikan arahan mengenai hal-hal yang dapat dilakukan oleh semua orang dalam membantu mengurangi dampak negatif perubahan iklim dari A sampai Z.
Let’s do it !
A ct now !
Bertindaklah dari sekarang.
B uy energy efficient appliances
Belilah perlengkapan rumah tangga yang pemakaian energinya efisien. Lakukan pilihan berdasarkan informasi yang tersedia. Jika Anda membeli mesin cuci, lemari es, alat pencuci piring atau oven, belilah model yang paling efisien konsumsi energinya, yang tentunya juga sesuai dengan kemampuan Anda.
C alculate your personal carbon footprint and cut your greenhouse gas emissions
Hitung jejak karbon pribadi Anda dan kurangi emisi gas rumah kaca akibat aktivitas Anda sehari-hari.
D ebate, discuss, and distribute leaflets, brochures and posters on climate change and environmental health issues
Lakukan debat, diskusi dan penyebaran lembar informasi, brosur dan poster tentang perubahan iklim dan isu kesehatan lingkungan.
E njoy the sun!
Nikmatilah matahari. Pasanglah panel surya di atas atap rumah Anda. Mari jadikan rumah dan kantor Anda menjadi stasiun energi bersih.
F ridge
Lemari es : Jangan biarkan lemari es terbuka lebih lama dari yang diperlukan. Biarkan makanan menjadi dingin benar sebelum dimasukkan ke dalam lemari es atau freezer.
G o green!
Terapkan falsafah hijau. Apabila akan membeli sebuah mobil, belilah yang konsumsi bahan bakarnya efisien dan ramah lingkungan. Ini akan menghemat uang Anda dan membantu lingkungan.
H alf your emissions
Kurangi emisi Anda hingga separuh dengan cara menaikkan suhu AC sebanyak 5 derajat Celcius.
I nvolve your family, friends, children and neighbours
Libatkan keluarga, teman, anak-anak, dan tetangga Anda.
J oin an environmental group
Bergabunglah dengan suatu kelompok lingkungan. Cari tahu aksi apa saja yang dilakukan oleh kelompok lingkungan sekitar Anda atau bentuklah kelompok baru.
L amps
Lampu : Ganti bola lampu yang sering Anda gunakan dengan bola lampu neon hemat energi. Walaupun harganya lebih mahal dari lampu biasa tetapi apada akhirnya Anda berhemat karena menggunakan seperempat dari listrik yang digunakan oleh lampu biasa.
M inimaize the use of toxic chemicals
Kurangi penggunaan bahan kimia beracun. Gunakan cat, pembersih atau pengusir hama yang tidak beracun, dapat dihancurkan (biodegradable) dan berbasis air atau tanaman.
N etwork
Jalin jejaring dengan lembaga khusus, organisasi nirlaba dan libatkan pula masyarakat.
O ff!
Matikan. Putus aliran listrik, video, stereo dan komputer saat tidak digunakan dan jangan membiarkannya dalam kondisi stand by. 10-60% energi listrik masih terkonsumsi oleh peralatan listrik yang dimatikan dalam kondisi stand by.
P lant trees
Tanam pohon. Perorangan, kelompok, masyarakat, perusahaan bisnis dan industri, organisasi masyarakat dan pemerintah dihimbau untuk menuliskan ikrar penanaman pohon dengan target untuk dapat menanam satu milyar pohon di seluruh dunia.
Q uit plastic bags
Berhenti menggunakan kantong plastik. Bawalah kantong/tas Anda sendiri bila berbelanja.
R ecycle, repair and reuse materials
Daur ulang, perbaiki dan pakai ulang bahan.
S ave paper
Hemat kertas. Cetak bolak balik dokumen Anda. Baca/cek dokumen pada layar sebelum dicetak.
T ravel smart, Reduce air travel
Bepergianlah dengan bijak. Kurangi perjalanan udara. Bepergian dengan pesawat udara berkontribusi secara signifikan pada emisi karbon dioksida yang berpengaruh pada perubahan iklim.
U se less energy, and conserve more of it
Gunakan lebih sedikit energi dan berhematlah lebih banyak. Jangan menghamburkan air. Tutup keran apabila menggosok gigi atau menyabuni pakaian, badan atau piring.
V alue waste
Hargai sampai. Jangan buang sampah rumah tangga sembarangan dan terapkan manajemen sampah yang benar.
W rite letters about the health impact of climate change to local mass media
Tulislah surat tentang dampak perubahan iklim kepada media massa lokal
X -press your concern on environmental health issues and solutions and stay informed
Ekspresikan perhatian Anda terhadap isu kesehatan lingkungan dan solusinya serta tetaplah mengakses informasi yang berkaitan.
Y our president, prime minister, parliamentarian or local leader needs to know about the impacts of climate change on health
Presiden, perdana menteri, parlemen, dan pemimpin lokal Anda perlu tahu tentang dampak perubahan lingkungan pada kesehatan.
Z oom in reducing emissions. It is the best way forward
Pengurangan emisi merupakan langkah terdepan. Himbau pemerintah untuk dapat memberikan potongan pajak jika kita menggunakan panel surya atau tenaga angin di rumah kita.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar